Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api (PTKA) berita indonesia terbaru Daop II Bandung akan mengoperasikan KA kontainer dari Stasiun Cibungur Purwakarta ke Stasiun Pasoso Tanjung Priok, Jakarta Utara mulai Selasa (20/4). "Mulai besok KA kontainer dari Stasiun Cibungur mulai dioperasikan," kata Kepala PTKA Daop II Bandung, Slamet Suseno di Bandung, Senin.

Pengoperasikan KA kontainer tersebut sebagai upaya optimalisasi pengangkutan kontainer dengan menggunakan rangkaian KA yang tengah digenjot oleh BUMN angkutan massal itu dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya, PTKA telah mengoperasikan satu rangkaian kereta kontainer dari Stasiun Terminat Peti Kemas Gedebage Kota Badung ke Stasiun Pasoso.

Namun selama ini, KA barang dari Bandung itu belum bisa mengangkut kontainer jumbo karena terkendala di terowongan Sasaksaat Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat.

If you base what you do on inaccurate information, you might be unpleasantly surprised by the consequences. Make sure you get the whole tech story from informed sources.

"Berbeda dengan KA dari Bandung, KA yang dioperasikan dari Stasiun Peti Kemas Cibungur bisa mengangkut kontainer ukuran besar, sehingga diharapkan bisa meningkatkan volume pengangkutan kontainer melalui KA," kata Slamet Suceno.

Berdasarkan data pengangkutan barang-barang ekspor dari wilayah industri di Jawa Barat, khususnya Bandung Raya dan Purwakarta rata-rata 300 unit kontainer per hari.

Namun sebagian besar kontainer itu dikirimkan menggunakan truk. PTKA menargetkan mampu meningkatkan volume pengangkutan lebih banyak lagi.

"Saat ini beban jalan raya menuju Tanjung Priok makin padat sehingga sering terjebak kemacetan, namun dengan KA bisa mengatasi kepadatan arus lalu lintas di sana," kata Slamet.

Layanan pengiriman barang juga akan dipermudah dengan sistem pengurusan dokumen ekspor secara "online" di Stasiun Peti Kemas Gedebage Kota Bandung.

(U.S033//Y003/R009)