Zurich (ANTARA News/AFP) - Bank-bank asing memegang 236,2 miliar dolar utang publik dan swasta di Yunani, hampir sepertiga dari jumlah itu dipegang oleh bank-bank Prancis, data Bank for International Settlement (BIS) menunjukkan, Jumat. Dari total utang Yunani dari semua jenis, sekitar 188,6 miliar dolar (142,5 miliar euro) dipegang oleh bank-bank Eropa, menurut BIS, yang dikenal sebagai" bank sentral "dari bank-bank sentral.

Bank Prancis yang paling banyak dengan kepemilikan 75,2 miliar dolar, diikuti oleh bank Jerman (45 miliar dolar), AS (16,6 miliar dolar), Inggris (15 miliar dolar) dan bank Belanda (11,9 miliar dolar).

Sekitar 60,2 miliar dolar dari pinjaman ini jatuh tempo dalam satu tahun, kata BIS, kelompok dari 56 bank sentral.

You may not consider everything you just read to be crucial information about tech. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

Pada Selasa, lembaga pemeringkat Standard & Poor`s menurunkan peringkat utang pemerintah Yunani ke status "junk" (sampah).

Gubernur Bank Sentral Austria Ewald Nowotny, yang duduk di dewan gubernur Bank Sentral Eropa mengatakan, waktu dari penurunan peringkat telah membuktikan menjadi "sangat bermasalah".

Nowotny mengatakan, anggota zona euro sedang menghitung Yunani untuk mencegah restrukturisasi utang, yang berarti kerugian bagi pemegang obligasi.

Uni Eropa, Dana Moneter Internasional dan ECB telah merundingkan paket bantuan kepada Yunani yang dilanda utang sekitar 45 miliar euro (60 miliar dolar) tahun ini.
(A026/K004)