Jakarta (ANTARA News) - PT Pelayaran Nasional berita indonesia terbaru (Pelni) menilai pembenahan jadwal keberangkatan kapal akan sulit terealisasi, kata Sekretaris Perusahaan PT Pelni, Capt. Daniel E Bangonan saat dihubungi di Jakarta, Selasa. "Terus terang sulit karena keberangkatan kapal sangat dipengaruhi oleh faktor alam dan lingkungan ketimbang jadwal yang ada di semua pelabuhan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menegaskan, pihaknya akan melakukan pembenahan jadwal keberangkatan kapal, khususnya kapal milik PT Pelni di pelabuhan.

Kinerja pelayanan PT Pelni, khususnya keberangkatan kapal, dinilai Wamenhub Bambang, mengalami banyak kemunduran. "Performa Pelni harus dikembalikan," kata Bambang.

Daniel melanjutkan, karakter angkutan laut yang tergantung faktor alam dan lingkungan pelabuhan itu, harusnya juga disikapi pemerintah untuk tidak terlalu jauh memegang jadwal keberangkatan.

Daniel menyebutkan, alur perjalanan satu kapal berpengaruh dengan keberangkatan pada kota lain sehingga banyak kapal, harus terlambat dari jadwal dua hingga tiga jam, bahkan lebih.

Dia mencontohkan, untuk keberangkatan kapal dari Tanjung Priok Jakarta, dipengaruhi oleh kedatangan kapal sebelumnya.

"Misalnya bila kedatangan terlambat dua jam, maka ketika sandar, kapal itu juga akan terlambat lebih dari dua jam, belum lagi untuk bongkar dan muat perjalanan kapal berikutnya," katanya.

Knowledge can give you a real advantage. To make sure you're fully informed about tech, keep reading.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, mengatakan, pihaknya menginginkan pembenahan jadwal bukan hanya pada kapal tapi juga pelabuhan.

"Pembenahan ini diharapkan juga berdampak pada pelayanan di rute-rute penugasan atau perintis," katanya.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran subsidi (Public Service Obligation/PSO) bagi PT Pelni pada informasi beasiswa gratis 2010 ini sebesar Rp600 miliar atau sama dengan tahun sebelumnya.

Pada 2008, PSO untuk PT Pelni sebesar Rp800 miliar.

Namun, Daniel, pembenahan jadwal keberangkatan yang diinginkan Wamenhub Bambang harus ada acuan jelas. "Paling tidak ada rentang waktu yang dicanangkan Wamenhub," katanya.

Ia menyebut, jika keterlambatan selama ini bisa sehari atau lebih, maka dikurangi menjadi hitungan jam.

Pelni juga telah menunjuk tiga kapal sebagai proyek percontohan untuk program sandar maksimum.

Tiga kapal itu yakni Kapal Motor (KM) Kelud, KM Bukit Siguntang, KM Gunung Dempo.
(E008/R009)